Jangan Dulu Dibuang! Ini Dia Manfaat Sisa Teh dan Kopi

Jangan Dulu Dibuang! Ini Dia Manfaat Sisa Teh dan Kopi
Teh dan kopi merupakan dua jenis minuman yang sangat umum dikonsumsi oleh banyak masyarakat. Setelah selesai menyeruput minuman, biasanya banyak masyarakat akan langsung membuang kedua ampas dari minuman ini. Namun, tahukah kamu bahwa ampas dari minuman ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat membantu kehidupan kita sehari-hari.

Jangan Dulu Dibuang! Ini Dia Manfaat Sisa Teh dan Kopi

Jangan dulu dibuang, tahukah kamu bahwa ada banyak sekali manfaat sisa teh dan kopi yang bisa kamu manfaatkan. Adapun berikut manfaatnya. TEH
teh
Source: Pexels

1. Membersihkan Peralatan Masak

Dapat kamu perhatikan, biasanya peralatan memasak seperti panci atau wajan pasti memiliki kerak hitam pada bagian bawahnya. Terkadang kotoran hitam ini sangat susah untuk dihilangkan jika hanya menggunakan sabun cuci piring biasa. Namun, tidak perlu khawatir kamu bisa memanfaatkan sisa ampas teh untuk membersihkan bagian bawah peralatan masak yang sudah menghitam. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menaburkan sisa ampas teh dan menggosok bagian yang menghitam.

2. Meredakan Iritasi

Untuk meredakan iritasi pada kulit, kamu bisa memanfaatkan ampas teh yang telah terpakai. Caranya pun cukup mudah, dinginkan terlebih dahulu kantong yang berisi ampas teh. Kemudian, jika sudah dingin kamu dapat langsung menempelkan kantong ampas teh pada kulit yang sedang iritasi.

3. Menghilangkan Bau Pada Sepatu

Sepatu yang terlalu sering digunakan akan meninggalkan bau tidak sedap. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu dengan meletakkan setiap kantong yang berisi ampas teh pada bagian dalam sepatu.

4. Pupuk Tanaman

Ampas teh terutama teh hijau dapat bermanfaat untuk berkebun. Ampas teh hijau memiliki kandungan nitrogen yang tinggi. Maka dari itu, ampas teh sering dimanfaatkan sebagai campuran pupuk pada tanaman. cara nya pun cukup mudah, taburkan ampas teh pada setiap tanaman. Ampas teh juga berguna untuk membantu menyuburkan tanah pada tanaman.

5. Menghilangkan Bau

Bukan hanya dapat menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu, ampas teh juga dapat membantu memudarkan bau tidak sedap pada ruangan yang penuh oleh asap masakan, bau kotoran hewan hingga bau tidak sedap lainnya.

BACA JUGA:

KOPI
teh dan kopi
Source: Pexels

1. Scrub Wajah

Ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk mengeksfoliasi kulit. Kamu bisa membuat scrub buatan di rumah dengan memanfaatkan ampas kopi. Ampas kopi dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah, mengangkat komedo dan mencerahkan wajah.

2. Pupuk Tanaman

Sama halnya dengan ampas teh, ampas kopi juga dapat bermanfaat sebagai pupuk tanaman. Ampas kopi juga dapat membantu menyuburkan tanaman karena mengandung nitrogen, fosfor dan juga magnesium yang baik bagi tanaman.

3. Pengharum Ruangan

Tahukah kamu bahwa ampas kopi dapat bermanfaat sebagai pengharum ruangan. Caranya pun cukup mudah letakkan ampas kopi pada sebuah wadah kemudian letakkan di ruangan yang sedang berbau.

4. Menyamarkan Selulit

Selulit merupakan timbunan yang berada di bawah lemak yang berbentuk layaknya gelombang seperti kulit jeruk. Jenis permasalahan kulit ini dapat kau atasi apabila menggunakan ampas kopi secara rutin. Oleskan ampas kopi yang sudah tercampur dengan air atau minyak kelapa kemudian oleskan pada bagian kulit yang memiliki selulit.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *