Tips Memilih Sikat Gigi Dengan Baik Dan Benar

Tips Memilih Sikat Gigi Dengan Baik Dan Benar
Sikat gigi merupakan alat kebersihan yang wajib kamu miliki di kamar mandi. Dengan adanya alat kebersihan ini, maka gigi kamu akan terhindari dari berbagai jenis kotoran sisa makanan yang menumpuk. Saat ini ada banyak sekali jenis toothbrush yang dapat disesuaikan dengan kondisi gigi. Tidak jarang, banyak masyarakat yang melakukan konsultasi kepada dokter gigi untuk membantu memilih sikat gigi yang tepat dan benar.

Tips Memilih Sikat Gigi Dengan Baik Dan Benar

Agar dapat selalu sehatn dan kuat, berikut tips memilih sikat gigi dengan  baik dan benar agar kesehatan gigi terjamin.

1. Memilih Bentuk Kepala Sikat

sikat gigii
Source: Pexels
Tahukah kamu bahwa terdapat banyak sekali ukuran kepala sikat. Ketika memilih alat kebersihan mulut yang satu ini pastikan ukuran kepala atau bentuk sikat sesuai dan pas dengan ukuran mulut dirimu. Kamu juga bisa memilih toothbrush berkepala kecil karena dapat menjangkau semua area mulut dengan lebih baik termasuk bagian belakang gigi dan sisi geraham. Kamu juga dapat memeriksakan diri ke dokter gigi untuk menentukan apakah kamu memerlukan toothbursh yang memiliki bulu berpola atau meruncing pada bagian kepala sikat.

2. Jenis Bulu Sikat

bentuk
Source: Pexels
Bukan hanya bentuk kepala sikat, kamu juga harus memperhatikan tingkat kelembutan bulu sikat. Sampai dengan saat ini para dokter gigi tetap merekomendasikan jenis bulu yang lembut agar kita dapat menyikat gigi dengan nyaman. Namun tidak jarang juga dokter merekomendasikan toothbrush berbulu kaku atau sedang yang disesuaikan dengan kondisi gigi. Jika kamu memiliki gigi sensitif, maka kamu juga bisa memilih bulu yang super lembut agar bulu tidak dapat melukai gusi. Apapun jenis bulunya, pastikan sikat tersebut dapat membantu untuk menghilangkan plak dan kotoran.

BACA JUGA:

3. Jenis Pegangan Sikat

bulu
Source: Pexels
Selain bulu, kamu juga harus memperhatikan pegangan sikat. Pastinya kamu tidak akan mau menggunakan sikat dengan pegangan yang membuat kamu tidak nyaman saat menyikat gigi. Apalagi, menyikat gigi tidak hanya memakan waktu beberapa detik namun beberapa menit. Agar nyaman dalam membersihkan gigi, pastikan kamu mencoba pegangan sikat mana yang cocok dengan tanganmu. Tergantung pada situasi, kamu mungkin memerlukan pegangan miring, non-slip, atau pegangan leher fleksibel. Itu dia beberapa tips dalam memilih sikat gigi dengan baik dan benar. Namun, apabila kamu mempunyai permasalahan pada bagian gigi, mungkin sebaiknya kamu dapat berkonsultasi lebih dulu dengan dokter gigi.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *