Manfaat Saffron Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Saffron Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Pernahkah kamu mendengar mengenai saffron? Saffron sendiri merupakan sebuah rempah-rempah dari bunga Crocus Sativus. Rempah-rempah ini berasal dari stigma yang terkadang disebut benang di dalam bunga itu sendiri. Salah satu alasan mengapa harga saffron mahal lantaran proses memanennya yang cenderung sulit. Selain itu, manfaat saffron juga banyak sekali bukan hanya seputar kesehatan namun juga untuk kecantikan.

Manfaat Saffron Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meskipun tergolong mahal, namun saffron memiliki manfaat yang luar biasa khususnya bagi kesehatan dan juga kecantikan.

1. Sebagai Antioksidan

Tahukah kamu bahwa saffron itu sendiri mengandung  berbagai senyawa tanaman yang dapat berguna sebagai antioksidan. Ada 3 antioksidan utama saffron yang paling banyak masyarakat kenal yaitu crocin, Crocetin, Safranal, dan Kaempferol. Crocin dan Crocetin sendiri merupakan alasan mengapa saffron bisa memiliki warna merah. Kedua antioksidan ini dapat berguna sebagai anti depresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan serta membantu menurunkan berat badan. Sedangkan Safranal memiliki peran sebagai perasa dan pewangi pada saffron. Kemudian Kaempferol dapat berguna sebagai anti peradangan.

2. Sebagai Bahan Perawatan Kulit

Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa saffron sangat berguna pada dunia kecantikan. Kamu dapat menggunakan skincare yang berbahan dasar saffron. Kamu juga bisa menggunakan saffron sebagai bahan dasar pembuatan masker ketika kulit sedang mengalami iritasi. Kemudian, kamu juga bisa mengkombinasi saffron dengan gel lidah buaya untuk meredakan peradangan pada kulit wajah.

BACA JUGA:

3. Meningkatkan Suasana Hati

Tahukah kamu bahwa ekstrak saffron dapat meningkatkan kadar dopamin pada otak tanpa mengubah kadar hormon otak lainnya, seperti serotonin. Maka dari itu, banyak sekali yang memanfaatkan saffron untuk memperbaiki mood agar suasana hati kembali menjadi baik.

4. Mengurangi Risiko Gangguan Pada Saraf

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saffron mengandung beberapa antioksidan yang baik bagi tubuh. Salah satu antioksidan pada saffron yaitu Crocin, dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di otak. Selain itu, saffron juga dapat membantu mengurangi gejala alzheimer dengan meningkatkan memori pada otak.

5. Meringankan Rasa Nyeri Pada Saat Haid

Merasakan nyeri pada saat haid merupakan hal yang sangat normal. Namun, terkadang pada beberapa orang rasa nyeri tersebut sangatlah sakit dan tidak tertahankan. Menurut beberapa penelitian, suatu minuman yang mengandung saffron dapat meringankan gejala sakit pada saat haid.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah kamu bahwa ada sebuah studi yang menerangkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung saffron akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kita dapat membantu mengontrol berat badan dengan menjaga asupan makanan yang kita konsumsi per harinya.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *