Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan yang Bisa Kita Lakukan

Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan yang Bisa Kita Lakukan
Tahukah kamu bahwa dari tahun ke tahun, tingkat tercemarnya lingkungan semakin tinggi. Pencemaran lingkungan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis seperti pencemaran udara, air di laut dan pencemaran lainnya. Meskipun secara tidak langsung terkadang kita turut berpartisipasi dalam mencemari lingkungan tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menjaga lingkungan.

Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan yang Bisa Kita Lakukan

Meskipun tindakan yang kita lakukan tidak terlalu berarti, tetapi jika banyak orang yang mulai mengikuti kebiasaan ini maka akan semakin banyak masyarakat yang turut serta dalam membantu pencegahan pencemaran lingkungan. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu biasa lakukan.

1. Beralih Menggunakan Sedotan Reusable

straw
Source: Photo by Vie Studio from Pexels
Langkah awal dalam mempertahankan lingkungan adalah dengan beralih menggunakan sedotan reusable. Pada beberapa restoran sudah membuat kebijakan baru, seperti tidak menyediakan sedotan sama sekali atau dengan mengganti dekotan berbahan dasar plastik dengan sedotan kertas. Ini merupakan kesempatan bagimu untuk turut serta dalam menjaga lingkungan. Jika kamu sering membeli minuman di luar, kamu bisa membawa sedotan reusable yang dapat kamu pakai berkali-kali. Jika bukan kamu yang memulainya sekarang, siapa lagi?

2. Membawa Tote Bag Ketika Berbelanja

tas
Source: Photo by Greta Hoffman from Pexels
Sama halnya dengan sedotan, pada beberapa supermarket kini sudah mengikuti kebijakan pemerintah untuk tidak menggunakan plastik sebagai kantong belanja. Alih-alih menggunakan kantong plastik, kini sudah hampir seluruh store di pusat perbelanjaan beralih menggunakan paper bag. Bagi store yang tidak menyediakan paper bag, mereka biasanya menyediakan tote bag yang bisa kamu beli langsung ketika ingin membayar. Namun alangkah baiknya apabila kamu membawa tote bag sendiri dari rumah.

3. Menggunakan Tumblr

Tumblr
Source: Freepik
Tumblr merupakan wadah yang sangat cocok apabila kamu tipe orang yang harus selalu membawa minuman. Alih-alih membeli air mineral atau minuman kemasan yang hanya dapat digunakan sekali, kamu bisa beralih dengan menggunakan tumblr. Cara ini cukup efektif agar kemasan minuman sekali pakai tidak semakin banyak dan menjamur. Keuntungan dengan membawa tumblr bukan hanya untuk mengurangi sampah minuman kemasan, tetapi kamu juga bisa mendapatkan potongan harga atau diskon dari sebuah minuman dengan membawa tumblr.

BACA JUGA:

4. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

pencemaran lingkungan
Source: Instagram/tangcitymall
Pencemaran lingkungan bukan hanya berpusat mengenai pencemaran air dan tanah namun juga udara. Jika kamu tinggal di perkotaan, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan udara kotor. Salah satu penyebab kotornya udara adalah karena bertambah banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Kendaraan tersebut tentu saja menggunakan bahan bakar yang mana dapat mengemisikan zat-zat pencemar seperti CO, NOx, SOx, debu, hidrokarbon.
pencemaran lingkungan
Source: Instagram/tangcitymall
Jika kamu ingin pencemaran udara berkurang, kamu bisa mulai dengan menggunakan transportasi umum. Selain itu, jika jarak tempuh tidak jauh kamu bisa menggunakan sepeda. Apalagi di Tangcity Mall sekarang sudah memiliki jalur sepeda sendiri berikut dengan parkiran khususnya yang berada di Lobby Sudirman.
sepeda
Source: Instagram/tangcitymall
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *