Beragam Jenis Emas Yang Bisa Dijadikan Sebagai Investasi

Beragam Jenis Emas Yang Bisa Dijadikan Sebagai Investasi
Meskipun saat ini terdapat banyak sekali jenis investasi, tetapi jenis investasi yang satu ini seakan tidak pernah ketinggalan zaman. Investasi emas merupakan jenis investasi yang lebih menjanjikan dibanding jenis investasi lainnya. Hal ini lantaran pergerakan harga emas yang lebih cenderung naik dibanding turun. Jenis emas yang dapat dijadikan investasi pun beragam dan dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan milikmu.

Beragam Jenis Emas Yang Bisa Dijadikan Sebagai Investasi

Lalu apa sajakah jenis emas yang dapat dijadikan sebagai investasi? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Emas Batangan

emas batangan
Source: Freepik
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa emas batangan merupakan salah satu jenis emas yang paling menguntungkan. Emas batangan merupakan logam mulia yang sampai dengan saat ini memiliki harga yang tinggi. Jenis emas ini dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang dan jangka pendek. Banyak sekali orang yang berlomba-lomba membeli emas batangan lantaran harganya yang tinggi dan proses jualnya yang mudah dan cepat.

2. Koin Emas

emas batangan
Source: Freepik
Selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai investasi yaitu koin emas. Koin emas merupakan sebuah koin berbentuk emas yang memiliki kadar berat yang berbeda-beda. Biasanya, koin emas dapat kita temui pada sebuah acara variety show yang menyediakan hadiah kepada para artisnya. Meskipun sulit untuk ditemukan pada tempat-tempat umum tetapi kadar emas yang terkandung dalam koin tersebut tidak dapat hilang dan masih akan terus bernilai.

3. Emas Perhiasan

emas batangan
Source: Freepik
Emas perhiasan merupakan jenis emas yang paling banyak dipilih sebagai jenis investasi dalam bentuk emas. Biasanya, kaum wanita lebih suka membeli emas perhiasan dibanding emas batangan lantaran emas perhiasan dapat digunakan. Selain itu, bentuk dan beratnya juga bermacam-macam. Sehingga, dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jenis investasi ini merupakan jenis investasi jangka panjang.

BACA JUGA:

4. Emas Lokal

Emas lokal merupakan jenis emas yang dapat dengan mudah kita temukan pada toko-toko emas pada umumnya. Dikatakan emas lokal, hal ini lantaran proses pemurnian emas dilakukan oleh industri kecil atau rumahan pada beberapa daerah tertentu. Kadar berat emas juga dapat kita pilih sendiri sesuai dengan budget yang kita miliki.

5. Sertifikat Emas

Tahukah kamu bahwa investasi emas tidak harus berupa emas fisik. Kamu bisa memilih alternatif investasi lainnya yakni investasi sertifikat emas. Sertifikat emas sendiri merupakan sebuah sertifikat yang menerangkan bahwa kita sebagai pemilik dari sebuah emas. Nantinya, emas tersebut akan disimpan oleh pihak bank yang keamanannya pasti terjamin.

6. Dinar Emas

emas batangan
Source: Freepik
Dinar emas merupakan salah satu koin yang sudah ada sejak zaman dahulu. Jika sebelumnya dinar dimanfaatkan sebagai alat transaksi, maka pada saat ini dinar emas dapat dijadikan sebagai instrumen investasi. Hal ini lantaran dinar emas tidak akan terpengaruh oleh inflasi dan nilainya akan tetap sama.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *