Sebelum Menggunakan, Ketahui Terlebih Dahulu Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Sebelum Menggunakan, Ketahui Terlebih Dahulu Perbedaan Sunscreen dan Sunblock
Meskipun sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh, namun jika sinar matahari yang telah lewat dari jam 10 tidak baik. Apabila jika waktu sudah menunjukan lewat dari jam 10 pagi, kamu harus menghindari sinar matahari. Maka dari itu, banyak sekali para dokter kulit yang menyarankan untuk menggunakan krim sunblock atau sunscreen. Namun, sebelum menggunakannya apakah kamu tahu perbedaan sunscreen dan sunblock?

Sebelum Menggunakan, Ketahui Terlebih Dahulu Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Sebelum menggunakan, ketahui terlebih dahulu apa saja perbedaan dan kegunaan masing-masing antara sunblock dan sunscreen.

1. Dari Segi Definisi

Sunscreen merupakan jenis pelindung matahari yang lebih umum digunakan. Tabir surya berfungsi untuk menyaring sinar ultraviolet (UV) matahari. Sehingga dapat membuat sebagian besar sinar keluar tetapi tetap membiarkan beberapa sinar masuk. Dengan kata lain, Sunscreen merupakan tabir surya kimia. Sedangkan Sunblock merupakan jenis pelindung matahari yang berfungsi menghalangi sinar matahari masuk ke dalam kulit. Memantulkan sinar matahari dari kulit, menghalangi sinar menembus kulit. Dengan kata lain, Sunblock merupakan tabir surya fisik.

2. Kandungan

Kandungan pada sunscreen yakni bahan kimia bekerja untuk menyerap sinar UV yang berbahaya sebelum menembus kulit.. Beberapa sunscreen memiliki bahan aktif termasuk oxybenzone atau avobenzone. Sedangkan Sunblock menggunakan titanium oksida atau zinc oxide sebagai bahan aktif, yang menghasilkan konsistensi yang lebih tebal dan lebih buram. Maka dari itu, Sunblock sering buram dan terlihat saat dioleskan ke kulit.

3. Cara Kerja

Sunscreen merupakan mengandung kandungan jenis kimia yang dapat menyerap sinar UVA. Setelah kamu pakai Sunscreen akan terserap oleh kulit. Sunscreen cenderung mudah hilang setelah paparan sinar matahari dalam beberapa waktu. Maka dari itu,  kamu perlu mengoleskan Sunscreen kembali setiap dua atau tiga jam untuk memastikan kulit tetap terlindungi. Sedangkan Sunblock merupakan tabir surya jenis fisik, yang biasanya terlihat buram dan meninggalkan bercak putih. Tidak seperti Sunscreen yang harus kamu oles dalam beberapa waktu, Sunblock dapat bertahan pada lapisan atas kulit untuk waktu yang cukup lama. Maka dari itu, sunblock banyak digunakan oleh orang banyak lantaran dapat menjadi penghalang sinar matahari dan akan memantulkan sinar dari kulit.

BACA JUGA:

4. Jenis Kulit

Pada umumnya, Sunscreen tidak cocok bagi seseorang yang memiliki jenis kulit yang sensitif. Hal ini lantaran sunscreen mengandung kandungan bahan kimia berupa wewangian, pengawet, dan oxybenzone atau PABA. Seseorang yang rentan mengalami alergi harus menghindari bahan-bahan kimia tersebut. Sedangkan Sunblock mengandung zinc oxide dan titanium dioksida yang masih dapat ditoleransi. Bahan-bahan ini juga biasanya ditemukan dalam produk untuk anak-anak, yang memiliki kebutuhan perlindungan sinar matahari yang berbeda.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *