Deretan Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin D Tinggi

Deretan Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin D Tinggi
Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan imun tubuh. Tubuh juga dapat memproduksi vitamin D apabila tubuh terutama kulit terpapar sinar matahari pagi. Nilai harian sumber vitamin D yang direkomendasikan (DV) adalah 800 IU (20 mcg) vitamin D per hari dari makanan. Namun, apabila kamu tidak mendapatkan cukup sinar matahari, asupan vitamin yang kamu konsumsi harus mendekati 1.000 IU (25 mcg) per hari.

Deretan Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin D Tinggi

Selain sinar matahari, berikut makanan yang mengandung sumber vitamin D tinggi yang dapat kamu konsumsi.

1. Kuning Telur

kuning telur
Source: Pexels
Tahukah kamu bahwa telur merupakan sumber makanan bergizi yang mengandung vitamin D. Kuning telur juga bisa mengandung vitamin D yang tinggi, terutama jika telur tersebut berasal dari ayam yang hidup dengan bebas. Sedangkan satu kuning telur khas mengandung 37 IU vitamin D. Kadar vitamin D dalam kuning telur juga tergantung pada paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D pakan ayam. Apabila pakan sama, ayam yang dibesarkan di padang rumput yang berkeliaran di luar di bawah sinar matahari menghasilkan telur dengan kadar 3-4 kali lebih tinggi.

2. Salmon

salmon
Source: Pexels
Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi 3,5 ons (100 gram) salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D, atau 66% dari DV. Ikan berlemak yang satu ini cukup populer karena bukan hanya mengandung vitamin d saja namun juga mengandung vitamin lainnya.

3. Jamur

sumber vitamin d
Source: Pexels
Tidak semua orang dapat mengkonsumsi daging seperti salmon. Bagi seseorang yang merupakan vegetarian, tetap bisa mendapatkan asupan sumber vitamin D dari jamur. Jenis jamur yang baik untuk dikonsumsi antara lain:
  • Jamur maitake mentah: mengandung 562 IU per 50 gram, yang merupakan 94 persen dari asupan yang telah dokter sarankan
  • Jamur shiitake kering: mengandung 77 IU per 50 gram, yang merupakan 12 persen dari asupan harian yang dibutuhkan

BACA JUGA:

4. Oily Fish

sumber vitamin d
Source: Freepik
Oily fish atau minyak ikan juga memiliki kandungan vitamin d yang tinggi. Jenis minyak ikan yang baik untuk dikonsumsi antara lain:
  • Minyak hati ikan cod: mengandung 450 IU per sendok teh, yang merupakan 75 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.
  • Herring: mengandung 306 IU per fillet, yang merupakan 51 persen asupan yang terekomendasi per-harinya.
  • Ikan todak: mengandung 706 IU per potong, yang merupakan 117 persen dari asupan yang direkomendasikan
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *