Tidak Selalu Berdampak Negatif, Berikut Manfaat Kafein Untuk Tubuh

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Berikut Manfaat Kafein Untuk Tubuh
Jika berbicara mengenai kafein, pasti yang terlintas di kepala kita adalah tentang bahaya buruk mengkonsumsi kafein. Tetapi, tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat kafein yang sering kita temui pada kopi dan teh ternyata memiliki dampak positif bagi tubuh. Kafein sendiri merupakan zat alami yang terkandung di dalam tanaman kakao, kopi dan juga teh. Zat alami ini nantinya jika terserap oleh tubuh akan membentuk senyawa yang bekerja dengan menstimulasi kinerja otak.

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Berikut Manfaat Kafein Untuk Tubuh

Tidak melulu bersinggungan dengan hal negatif, faktanya kafein memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat kafein bagi tubuh yang harus kamu tahu.

1. Membantu Mengurangi Risiko Diabetes

diabetes
Source: Freepik
Kandungan asam klorogenat yang terkandung di dalam kafein diketahui dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes. Namun, perlu kamu ketahui bahwa jika ingin mengurangi terkena risiko diabetes, disarankan untuk mengkonsumsi kopi yang rendah gula. Selain itu, kafein juga bermanfaat dalam menyehatkan jantung. Banyak orang yang menganjurkan penderita jantung untuk mengkonsumsi kopi pahit. Hal ini lantaran kopi pahit memiliki kandungan kalsium dan kalium yang dapat membantu memperkuat otot jantung.

2. Menjadi Sumber Energi

sumber energi
Source: Freepik
Seperti yang kita tahu bahwa kafein memiliki manfaat yang baik dalam memberikan sumber energi bagi tubuh. Mengkonsumsi kafein sebelum memulai kegiatan akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak cepat lelah. Selain itu, kafein juga bermanfaat jika kamu mengkonsumsi sebelum memulai berolahraga, yaitu dapat memberikan kekuatan pada otot, meningkatkan stamina serta memaksimalkan penggunaan lemak sebagai sumber energi.

3. Meningkatkan Daya Ingat

manfaat kafein
Source: Freepik
Manfaat kafein selanjutnya yaitu dapat meningkat kinerja otak sehingga daya ingat akan meningkat. Kafein yang sudah mulai terserap oleh tubuh akan bekerja semaksimal mungkin terutama dalam menstimulasi kinerja otak dan meningkatkan kewaspadaan. Maka tidak heran, mengapa banyak sekali masyarakat yang gemar mengkonsumsi kopi atau teh pada pagi hari sebelum beraktifitas. Karena alasannya antara lain untuk membantu meningkatkan daya ingat dan menambah stamina tubuh agar tidak mudah lelah beraktifitas seharian.

BACA JUGA:

4. Mampu Meringankan Sakit Kepala

manfaat kafein
Source: Freepik
Meskipun saat ini sudah tersebar banyak sekali obat-obatan untuk mengurangi sakit kepala, namun sebenarnya mengkonsumsi obat-obatan secara berkala tidak baik bagi kesehatan. Pilihan alternatifnya, kamu bisa mencoba mengkonsumsi kopi pahit. Kopi original atau yang tidak mengandung gula dan krim dapat membantu meringankan sakit pada kepala. Hal ini lantaran kafein memiliki sifat vasokonstriksi, yakni menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke otak sehingga dapat mengurangi sakit kepala maupun migrain. Nah itu dia beberapa manfaat kafein yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi kafein. Namun, kamu harus ingat bahwa untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi minuman mengandung kafein.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *