Jenis-jenis Masker Wajah Untuk Kecantikan

Jenis-jenis Masker Wajah Untuk Kecantikan
Dalam hal melakukan perawatan wajah, masker merupakan salah satu rangkaian dari skincare yang wajib digunakan. Masker dapat membantu menutrisi kulit agar tampak lebih sehat dan cerah. Saat ini, sudah banyak sekali berbagai macam produk skincare yang menawarkan beragam jenis masker wajah yang disesuaikan dengan kondisi kulit wajah.

Jenis-jenis Masker Wajah Untuk Kecantikan

Ada 6 jenis masker wajah yang dibedakan dari segi tekstur dan kegunaannya. Apa saja jenis maskernya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Sheet Mask

sheet
Source: Freepik
Sheet Mask merupakan salah satu masker wajah yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Hal ini lantaran cara mengaplikasikannya yang sangat mudah dan dapat kamu gunakan kapan saja. Masker ini memang berbentuk menyerupai wajah sehingga memudahkan kita untuk menggunakannya. Saat ini, ada banyak sekali produk skincare yang menawarkan berbagai macam jenis sheet mask sesuai dengan kegunaannya. Contohnya seperti sheet mask untuk melembabkan wajah, menenangkan kulit, serta memberikan efek cerah seketika pada kulit wajah.

2. Clay Mask

clay
Source: Freepik
Jenis masker wajah yang satu ini memiliki tekstur cair namun agak padat. Untuk mengaplikasikannya ke bagian wajah, kita memerlukan kuas untuk meratakannya. Clay mask merupakan jenis masker wajah yang sangat cocok apabila digunakan bagi seseorang yang memiliki tipe kulit berminyak. Hal ini lantaran salah satu fungsi dari clay mask adalah membantu menyerap minyak berlebih serta kotoran yang berada di dalam pori-pori wajah.

3. Peel Off Mask

peel off
Source: Freepik
Masker yang satu ini biasanya memiliki tekstur cair seperti gel yang sangat mudah mengering. Masker peel off banyak digunakan para wanita atau pria untuk membantu mengangkat kotoran pada wajah seperti komedo. Berbeda dengan clay mask yang memerlukan air untuk membersihkannya, membersihkan peel off hanya perlu satu tarikan untuk mengupas seluruh sisa masker pada wajah.

BACA JUGA:

4. Mud Mask

mud mask
Source: Freepik
Mud mask merupakan salah satu jenis masker yang memiliki tekstur yang sama dengan clay mask. Namun, keduanya memiliki perbedaan baik berupa kandungan dan manfaat dari kedua masker ini. Jika clay mask dapat menyerap minyak berlebih, maka mud mask dapat membantu menghidrasi kulit. Mud mask sangat cocok bagi seseorang yang memiliki tipe kulit kering.

5. Sleeping Mask

sleeping mask
Source: Freepik
Sleeping mask merupakan jenis masker yang memiliki tekstur cair seperti gel atau krim. Cara pakainya sangat mudah seperti layaknya memakai krim malam. Kamu hanya perlu mengoleskan sleeping mask secara merata pada wajah. Kamu dapat menggunakan masker ini selama tidur, namun pada pagi harinya kamu harus membilas wajah menggunakan air mengalir. Sleeping mask merupakan jenis masker yang sangat efektif  karena dapat menyerap lebih ke dalam lapisan kulit.

6. Exfoliating Mask

exfoliating
Source: Freepik
Sesuai dengan namanya, masker ini dapat membantu mengeksfoliasi kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Ada 2 jenis masker eksfoliasi yang bisa kamu gunakan yakni masker mengandung bahan kimia seperti AHA dan BHA atau masker mengandung bahan alami seperti ampas kopi dan oat.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *