Tips Belanja Bulanan Anti Boros

Tips Belanja Bulanan Anti Boros
Belanja bulanan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap bulannya bagi seseorang yang sudah berkeluarga maupun belum. Biasanya menjelang akhir bulan atau setelah hari gajian tiba, supermarket akan dipenuhi oleh masyarakat yang akan membeli pasokan kebutuhan sehari-harinya. Meskipun tujuan awalnya hanya untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari, tetapi pasti akan ada suatu barang yang masuk ke dalam keranjang. Hal ini sangat banyak sekali terjadi, sehingga pada saat akan melakukan pembayaran di kasir, total belanjaan akan melebihi dari total aslinya.

Tips Belanja Bulanan Anti Boros

Lalu bagaimana cara mengatasi pengeluaran berlebih pada saat belanja bulanan? Simak beberapa tips belanja bulanan anti boros berikut ini.

1. Catat Daftar Belanjaan dari Rumah

belanja bulanan
Source: Freepik
Pada saat masih berada di rumah, periksa semua barang kebutuhan yang sudah menipis. Kemudian, buatlah daftar catatan barang kebutuhan apa saja yang memang diperlukan. Membuat daftar catatan belanja juga dapat memudahkan kita dalam berbelanja sehingga kita tidak akan berlama-lama di supermarket. Dengan adanya daftar belanja, maka pikiran kita akan terfokus pada daftar belanjaan dan meminimalisir membeli barang atau makanan yang tidak perlu.

2. Buat Anggaran Belanja

belanja bulanan
Source: Freepik
Membuat daftar anggaran merupakan cara terbaik agar kita dapat mengatur keuangan dengan baik. Karena biasanya, ketika kita sedang memiliki banyak uang, secara tidak sadar kita akan menghabiskannya secara perlahan. Padahal, kamu masih akan harus bertahan hidup selama beberapa minggu ke depan sebelum gajian kembali tiba. Maka dari itu, ketika pendapatan bulanan sudah turun, maka sebaiknya langsung sisihkan anggaran khusus untuk belanja kebutuhan pokok.

3. Bandingkan Harga

membandingkan harga
Source: Freepik
Cara yang satu ini mungkin banyak sekali dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Membandingkan harga produk di antara supermarket satu dengan lainnya merupakan salah satu cara efektif dalam membantu menghemat pengeluaran. Di zaman yang modern seperti ini, sangat membantu kita dalam mengurus kebutuhan sehari-hari. Tidak perlu datang langsung, kamu dapat melakukan perbandingan harga melalui website atau aplikasi supermarket masing-masing.

BACA JUGA:

4. Beli Barang Kebutuhan Dalam Jumlah Banyak

beli dalam jumlah banyak
Source: Freepik
Jika pada saat itu terdapat banyak sekali promo bulanan, maka tidak ada salahnya membeli kebutuhan pokok dalam jumlah besar. Kebutuhan yang dimaksud merupakan kebutuhan pokok yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Contohnya seperti beras, mi instan, makanan kaleng.

5. Manfaatkan Promo

manfaatkan promo
Source: Freepik
Setiap bulannya, pasti banyak sekali supermarket yang menawarkan promo diskon besar-besaran. Manfaatkan segala jenis promo diskon agar pengeluaran belanja bulananmu tidak terlalu membengkak. Itu dia beberapa tips belanja bulanan anti boros. Nikmati beragam jenis promo diskon dengan belanja bulanan di Carrefour Tangcity Mall yang berada di lantai UG.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *